Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
blog-img-10

Posted by : Andika

Penjelasan Lengkap Apa Itu Dev Ops Untuk Karir Mu

Hallo sobat ilmuteknologi, kali ini mimin akan memberikan pengalaman baru buat kalian mengenai pengembangan perangkat lunak yang di lakukan oleh devOps ini. Nah pasti kalian yang belum tau apa itu devOps kita simak penjelasan dibawah ini yuk.

Pengertian DevOps

DevOps merupakan pengembangan perangkat lunak dan metode pengiriman aplikasi yang mengambil pendekatan kolaboratif dan terpadu antara bagian pengembangan aplikasi (Dev) dan bagian operasi aplikasi (Ops).

Tujuan dari DevOps adalah untuk membangun atau mengembangkan aplikasi secara lebih cepat. Dengan frekuensi meningkat dan dengan tingkat kegagalan yang lebih rendah.

Peran DevOps dalam Industri IT

Software dan internet telah mengubah dunia dan industri, dari belanja hingga hiburan sampai perbankan. Software tidak lagi sekadar mendukung bisnis tetapi telah menjadi komponen integral dari setiap bagian bisnis.

Perusahaan berinteraksi dengan pelanggan mereka melalui software yang diluncurkan sebagai layanan online pada berbagai perangkat. Mereka juga menggunakan software untuk meningkatkan efisiensi operasional dengan mengubah tiap bagian rantai nilai, seperti logistik, komunikasi, dan pengoperasian. 

Tools Apa Saja yang Harus Dipelajari?

  1. Jenkins

Jenkins merupakan automation server yang bersifat open source serta bebas untuk digunakan. Alat ini dapat membantu mengotomatisasi proses software development dengan continuous integration (CI) dan memfasilitasi aspek teknis untuk continuous delivery (CD).

  1. Git

Git juga menjadi tools populer yang banyak digunakan oleh DevOps Engineer. Alat ini memiliki fungsionalitas, kinerja, keamanan, dan fleksibilitas yang dibutuhkan oleh tim pengembang.

Dengan Git, Anda dapat melacak progres atau kemajuan dari pengembangan sebuah projek dan melihat jika ada perubahan kode di dalam source code.

  1. Selenium

Selenium merupakan automation testing tool untuk web application yang dilakukan pada berbagai browser seperti Mozilla Firefox , Internet Explorer, Google Chrome , Safari atau pun Opera.

Dengan alat ini, Anda dapat melakukan proses pengujian berkelanjutan untuk menguji kinerja dan fungsionalitas kode yang dikembangkan.

  1. Docker

Sejak diluncurkan pada tahun 2013, Docker menjadi container management tool yang sudah semakin berkembang dan dianggap sebagai salah satu tools penting untuk DevOps Development.

Docker digunakan pada tahap deployment untuk kontainerisasi aplikasi sehingga aplikasi dapat bekerja secara efisien untuk environment yang berbeda.

Jenjang pendidikan minimal N/A, SMK, D3, S1, S2
Gaji rata-rata 4.5jt - 9.9jt

Jabatan atau posisi devops

DevOps Manager
Automation Engineer
DevTools Engineer
Operations Engineer
Site Reliability Engineer

TUGAS DEVOPS

Memonitor software/website serta peralatan dan prosedur yang dipakai dalam departemen agar sesuai dengan standar yang ada

Memastikan seluruh sistem berjalan lancar, selalu terpantau, dan menanggapi isu-isu yang muncul
Melakukan otomatisasi terhadap proses-proses yang ada untuk mempercepat pekerjaan
Memecahkan masalah yang ada pada software/website secepat dan seefektif mungkin 
Merancang dan mengembangkan automated scripts serta mengujinya untuk mempercepat proses
Berkolaborasi dengan beberapa departmen teknologi lainnya untuk berdiskusi dan menciptakan solusi mengenai software/aplikasi/website yang ada
Nah bagaimana kalian sudah paham dan mengerti bagaimana devops bekerja serta apa yang harus dilakukan terhadap software yang dikembangkan. Oke cukup sekian penjelasan dari mimin ya, jangan lupa share ya. Jika kalian berminat mengikuti kelas devops kalian bisa mengikuti kursus terbaru devops. karena saya juga mengikuti kelas tersebut Berikut link kursus nya KLIK