Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
blog-img-10

Posted by : Andika

Forwarding DNS Nat Pada Mikrotik

Hallo sobat ilmuteknologi, sebagai administrator jaringan di sebuah perusahaan atau Sekolahan. Maka sesuai dengan peraturan pemerintah atau juga kebijakan dari masing-masing pengelola untuk melakukan filtering akses dari situs-situs yang mengandung unsur SARA, Pornografi, dan situs yang memiliki konten ‘negatif’.

Untuk membuat sebuah ‘Internet Positif’ kita akan melakukan konfigurasi pada router gateway dengan menambahkan DNS Server yang memiliki Content Filtering, seperti DNS Nawala, Comodo Secure DNS, Norton ConnectSafe DNS. Namun seiring dengan perkembangan informasi teknologi, para pengguna internet pun juga tidak ketinggalan untuk update. Sebagian pengguna internet mencari cara untuk menembus dari ‘Internet Positif’. Salah satunya dengan mengganti alamat DNS yang telah tersetting di perangkat si pengguna menggunakan alamat DNS tanpa Content Filtering.

Untuk mengatasi hal ini kita bisa menerapkan Forwarding DNS Server atau dengan kata lain kita ‘memaksa’ pengguna internet untuk melakukan resolve DNS ke DNS Server kita walaupun di perangkat si pengguna di setting dengan DNS Server yang lain.

Cara setting dns di mikrotik

Sekarang kita kan mulai setting dns mikrotik. Cara nya adalah dengan meng klik menu IP - > DNS.

sekarang kita akan memasukan setting dns server mikrotik. Pada bagian server isikan alamat ip dari dns nawala dan ceklis pada bagian allow remote request.

dns nawala mikrotik
180.131.144.144
180.131.145.145
 

Selesai sudah setting dns di mikrotik. Sekarang kita tinggal melakukan port forwarding mikrotik untuk paksa user menggunakan dns mikrotik.

Port forwarding di mikrotik

Untuk melakukan port forwarding di mikrotik kita harus masuk ke menu Ip -> Firewall -> Tab NAT.

Kemudian tekan tombol Tambah ( + ) lalu pada tab General

  • isikan bagian Chain dengan dstnat 
  • Isikan bagian protocol dengan UDP
  • dst port dengan 53

kemudain pada tab Action isikan bagian action dengan redirect dan bagian to ports dengan 53. Setelah itu teman teman tinggal mencobanya dan perhatikan apakah bagian bytes dan packets nya bertambah atau tidak. 

Jika pada bagian packets dan bytes nya bertambah berarti itu port forwarding sudah berjalan. Jika tidak ada perubahan silahkan teman teman cek lagi setingan nya siapa tau masih ada yang salah.

Oke demikian praktikum tutorial dari saya yang sederhana ini, jangan luoa share ya temen-temen.