Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
blog-img-10

Posted by : Andika

Cara Install dan Konfigurasi Mail Server (Postfix, Courier, Roundcube) di Linux

Hallo sobat ilmuteknologi, kali ini saya akan berbagi mengenai konfigurasi mail server dan webmail yang kali ini saya menggunakan roundcube. Webmail berbeda dengan Mail. Webmail hanyalah merupakan frontend dari Mail. Inti mekanismenya sebenarnya terdapat pada Mail Server, bukan pada Webmail Servernya. Karena tujuan Webmail hanya untuk memudahkan user dalam mengakses Mail Server tersebut. Seperti halnya sebuah Bank, apabila kalian ingin mengirim uang bukankah jauh lebih mudah dan praktis jika kalian mengirim uang melalui ATM daripada harus mengirim uang dari pusat Bank nya langsung? Akan tetapi, tanpa sebuah Bank, ATM tidak akan ada  gunanya, sebaliknya tanpa ATM, Bank tetap akan dapat berfungsi dengan normal. Begitu pula dengan Mail dan Webmail, tanpa adanya Mail Server, Webmail Server tidak akan ada gunanya. Akan tetapi jika Mail Server tanpa Webmail Server, Mail Server tersebut tetap dapat bekerja sebagaimana biasa. Beberapa contoh Webmail yang terkenal adalah Squirrelmail, Zimbra, dan Roundcube.
Disini saya menggunakan rouncube karena tampilannya lebih menarik dan akses untuk membukanya tidak lamba. Tapi terlebih dahulu kita sudag menginstall Postfix, Courier-pop dan Courier-imap

              Roundcube adalah berbasis web IMAP email client. Fitur Roundcube paling menonjol adalah penggunaan meresap Ajax teknologi untuk menyajikan lebih cair dan responsif antarmuka pengguna daripada tradisional webmail klien. Setelah sekitar dua tahun pembangunan, rilis stabil pertama Roundcube diumumkan pada awal 2008.

             Roundcube ditulis dalam PHP dan dapat digunakan dalam hubungannya dengan LAMP "stack" , atau sistem operasi lain yang mendukung PHP juga didukung. Web server membutuhkan akses ke IMAP server hosting email dan ke SMTP server untuk dapat mengirim mail.
       Roundcube adalah bebas dan perangkat lunak open source tunduk pada ketentuan dari GNU General Public License (GPL).



Langkah-langkah installasi dan konfigurasi :

1. Install Roundcube

#apt-get install roundcube-core roundcube roundcube-mysql
 


2. Ada konfigurasi pilih "yes"


    Pilih "mysql"


 Isikan password database



isikan password lagi


password konfirmasi
 
3. Kita konfigurasi ulang, ketikkan perintah
#dpkg-reconfigure roundcube-core
 


4. Kemudian isikan IMAP Server untuk Roundcube. Kita isikan localhost atau IP server

 
 


5. Pilih "en_US"


6. Peringatan untuk menginstall ulang database, kita pilih "no"


7. Pilih web server yang digunakan roundcube. Disini saya menggunakan apache2


8. Lalu muncul untuk merestart web server, pilih "yes"


9. .Setelah itu kita membuat link file dari "/usr/share/roundcube" ke "/var/www/html ".Yaitu dengan perintah ln -s .

#ln -s /usr/share/roundcube/ /var/www/html
 

 

10. Kita buat user untuk login menggunakan perintah
#adduser dwi
 


11. Kemudian kita login menggunakan user yang kita buat tadi


Berikut tampilannya

 

Keterangan :

apabila ingin membuat Mail Server yang terkoneksi dengan Internet, artinya dapat mengirim dan menerima dari Mail server lain, maka harus mempunyai IP Publik Statis. Lalu konfigurasi untuk SMTP (dalam hal ini postfix) agak berbeda sedikit, karena tidak semua ISP memperbolehkan akses Port 25, beberapa ISP telah menyediakan Smart Host untuk SMTP yang dapat di gunakan pelangganya.