Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
blog-img-10

Posted by : Andika

Apa Itu Local Loop Dan VPN

Hallo sobat ilmuteknologi kita sering dengar sebuah layanan Loocal Loop atau VPN di setiap provider Internet, dan ini saya sering mendengar dari patner saya dcs setelah saya pelajari akhirnya saya memahami konsep dari local loop ini, dan saya juga akan membandingkan dengan vpn, konsep nya hampir sama antara local loop dan vpn, oke tanpa bosa basi. Apa si Local Loop dan VPN ?

 

Local Loop adalah suatu Layanan Loop sangat tepat bagi perusahaan yang ingin menghubungkan kantor pusat dengan beberapa kantor cabang yang berada di satu wilayah ataupun lintas wilayah. Layanan ini menghubungkan jaringan WAN pelanggan melalui jaringan Provider.

 

VPN merupakan singkatan Virtual Private Network, yaitu sebuah koneksi private melalui internet atau jaringan publik.Dengan menggunakan jaringan publik ini, kita dapat tergabung dalam jaringan lokal, mendapatkan hak dan pengaturan yang sama seperti ketika Anda berada di jaringan LAN

 

Jadi perbedaan Local Loop dengan VPN adalah kalua local loop anda hanya membeli Line ( Jalur ) sebagai media penghubungnya dan kalo VPN anda membeli Line ( jalur ) serta layanan Internetnya

 

Contoh :

Local Loop Antar Kantor Cabang

Di kantor Pusat kita memiliki internet yang cukup besar missal kan 100Mbps dedicated dan kita ingin menshare internet tersebut ke beberapa kantor cabang tapi kita tidak memiliki Line ( jalur ) penghubung ke kantor cabang. Dari siini kita bisa memanfaat kan suatu layanan Provider Local loop yang berarti kita hanya menyewa Line ( jalur ) saja sebagai media penghubung.

 

 

VPN Antar kantor Cabang

Di kantor Pusat kita ingin saling terhubung dengan kantor cabang dan memiliki akses public atau  internet

Topologi sederhananya sebagai berikut :
Kantor Pusat – Interkoneksi di provider – Cloud provider – Kantor Cabang
localloop

Media yang akan digunakan tersedia dalam berbagai pilihan, Wireless, ADSL, dan Fiber Optic.
localloop2

Oke gimana temen-temen kalian sudah paham bukan, semoga bermanfaat dan jangan lupa share artikel ini ya.